Gambaran Umum Desa Gading Kulon Kecamatan Dau Kabupaten Malang

0 komentar


Kabupaten Malang adalah sebuah kawasan yang terletak pada bagian tengah selatan wilayah Propinsi Jawa Timur. Berbatasan dengan enam kabupaten dan Samudera Indonesia. Sebelah Utara-Timur, berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan dan Probolinggo. Sebelah Timur, berbatasan dengan Kabupaten Lumajang. Sebelah Selatan, berbatasan dengan Samudera Indonesia. Sebelah Barat, berbatasan dengan Kabupaten Blitar. Sebelah Barat- Utara, berbatasan dengan Kabupaten Kediri dan Mojokerto. Letak geografis sedemikian itu menyebabkan Kabupaten Malang memiliki posisi yang cukup strategis.
Hal ini ditandai dengan semakin ramainya jalur transportasi utara maupun selatan yang melalui Kabupaten Malang dari waktu ke waktu. Hal ini dimanfaatkan oleh masyarakat kabupaten malang untuk membangun sebuah usaha salah satunya dengan beternak. Selama ini masalah yang sering timbul pada usaha ternak adalah kurangnya keterbukaan warga pada teknologi yang bisa membangun atau menolong masyarakat itu sendiri, salah satu contoh nyata adalah biogas dimana bahan baku dari biogas itu sendiri adalah kotoran dari hewan ternak yang biasanya dibuang atau hanya dipakai sebagai pupuk. Oleh karena itu perlu di selenggararakan suatu upaya penyuluhan tentang pengolahan limbah kotoran ternak tersebut.
Sebagian besar masyarakat di Desa Gading Kulon adalah sebagai petani dan peternak. Salah satunya adalah beternak sapi perah. Salah satu kendala dalam peternakan sapi perah di desa Gading Kulon adalah kurangnya keterbukaan warga pada teknologi yang bisa membangun atau menolong masyarakat itu sendiri, salah satu contoh nyata adalah biogas dimana bahan baku dari biogas itu sendiri adalah kotoran dari hewan ternak yang biasanya dibuang atau hanya dipakai sebagai pupuk. Dengan pembuatan biogas sebenarnya dapat membantu masyarakat desa Gading Kulon untuk menyelesaikan masalah yang timbul akhir-akhir ini yaitu masalah penerangan lampu jalan yang selama ini menggunakan biaya pribadi.Dengan menggunakan biogas akan meringankan beban pengeluaran masyarakat desa Gading Kulon.


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 PemanfaatanLimbahPeternakan.
Blogger Template by Noct. Free Download Blogger Template